Langsung ke konten utama

Training Magang Bakti BCA

Haaaaiii.. Sekian lama tak jumpa yaaa.. Hahahha. Setelah beberapa bulan kayanya ada beberapa orang yang baca blog aku dan nanyain tentang magang bakti. Nah disini aku mau sharing lagi nih kelanjutan cerita aku tentang magang bakti BCA.
Jadiiiii...... Setelah menunggu sekian lama akhirnya aku dapet telpon lagi dari BCA, dan akhirnya aku dapet jadwal buat ikut ttd perjanjian kerja (pk) pada tanggal 27 agustus 2015. Seneng ? Bangeeeett lah akhirnya setelah penantian hampir 2bulan dapet jadwal juga :")
Akhirnya pada tanggal 27 agustus aku dateng ke wisma asia I buat ttd pk. Disana aku banyak ketemu temen temen baru yang nantinya bakal jadi temen seangkatan aku. Setelah ada beberapa pemberitahuan kita akhirnya sah jadi Teller Bakti angkatan 355, dan CSO bakti angkatan 284. Kita dikasih juga kertas kecil yang isinya jadwal foto id, training tahap dasar I, jadwal OJT, dan jadwal training tahap dasar II. Foto id itu tgl 28agustus, dan tgl 29 kita langsung masuk training tahap dasar I.
Training dari BCA itu asik banget. hari pertama training itu grooming, jadi kita diajarin tentang make up, cara berpakaian, dll. Oh iya kita juga belajar cara hitung uang dengan 3jari, jadi kita bawa uang 200rb dan nantinya bakal ditukerin jadi 100 lembar uang 2rb. Awalnya emang kaku banget tapi kalo rajin latihan juga pasti bisa kok. Nah untuk teller hitung uang itu kecepatan max 17 detik di tahap dasar I. Awalnya aku kira mana mungkin bisa secepet itu, tp ternyata bisa kok kuncinya banyak latihan aja. Selain make up dan hitung uang, kita juga diajarin apa itu SMART SOLUTION. Jadi smart solution itu kurang lebih bagaimana cara kita dalam menghadapi nasabah dan kita juga diajarin keterampilan teller, dan belajar di bank mini. Bank mini nya di desain mirip banget kaya di counter aslinya ada komputer, mesin uang, dll.nah waktu bank mini, kita gantian dengan teman kita, misalkan aku jadi teller temanku jadi nasabah dan kita bakal dikasih soal berupa slip untuk diproses, uangnya juga pake uang asli. Untuk tahap dasar I kita cuma belajar setoran tunai, setelah ojt di tahap dasar II barulah kita diajarin tentang tarikan,pemindahan, bilyet giro,cek,kliring,dll. Training di BCA ini enak banget, kita ga perlu pusing mikirin mau makan siang apa karena di training center kita dapet 2x coffe break dan 1x makan siang , menu nya pun enak banget. Baik yaaaa BCA. Hehe
Tapi jangan senang dulu, waktu training juga ada ujiannya loh, dan jangan anggap remeh ujiannya. Ujiannya itu terdiri dari ujian tertulis, ujian hitung uang, ujian sortir uang, dan yang paling susah itu adalah ujian bank mini. Tapi tenang aja kalo belajar semua pasti bisa kok. Oh iya jangan anggap di ujian ini semua pasti lulus loh, karena di angkatan aku ada 1orang yang ga lulus di tahap dasar I :( sedih yaaaa. Setelah ujian tahap dasar I kita akan dikirim ke cabang untuk OJT atau On Job Training, disini juga kita bakal tau kita bakal ditempatin dimana karena cabang kita OJT itu 90% adalah cabang dimana kita bakal ditempatkan. Nah waktu pembagian cabang ojt itu aku bingung karena aku dan 3orang temanku ga ada namanya, tapi kita langsung dikasih tau kalo kita nantinya bakal jadi pooling. Awalnya aku kesel, tapi setelah dipikir pikir ternyata enakan pooling, selain gajinya lebih besar kalo misalkan kita ada di cabang yang gaenak kita ga perlu khawatir toh cuma 2minggu hehe.
Aku kebagian OJT di cabang sentral cikini. Orangnya baik baik banget, ramah, dan tempatnya juga bagus. Waktu OJT kita ga langsung buka counter tapi observasi dulu alias ngeliatin senior senior kita kerja dan catet apa yang penting. OJT itu waktunya 2minggu, 3hari observasi setelah itu kita langsung bisa buka counter tapi hanya untuk setoran (yang ini tergantung cabang lhoo). Deg degan banget waktu pertama kali buka counter tapi itu wajar kok pelanpelan aja yang penting ga selisih.
Setelah OJT kita balik lagi ke kantor pusat di wisma asia I buat training tahap dasar II. Horeeeee ketemu temen temen lagi. Balik dari OJT banyak banget cerita cerita seru dan lucu yang di share, mulai dari selisih lebib atau kurang, nasabah bule, nemu uang palsu, dll. Nah kebetulan waktu aku training tahap dasar II semua kelas yang ada di kantor pusat penuh jadi teller angkatan aku dipindahin ke training center Bandung. Hahaha asiiik yaaa sambil belajar sambil jalan jalan. Untuk ke Bandung kita di biayain dari BCA, jadi mulai dari bis, sama penginapan kita gausah ngeluarin uang. Paling buat jajan/makan malem dan beli oleh oleh aja. Training di Bandung itu seru banget dan bikin kita jadi lebih deket sama angkatan kita. Tapi tetep lah yaaa pas ujian deg degan juga.. Untungnya angkatan aku lulus semua pas ujian tahap dasar II. Dan sekarang kita sudah ditempatkan di cabang masing masing.
Yaa bagitulah cerita aku tentang training Magang Bakti BCA. Semoga membantu yaaaa. Hehehe :)

Komentar

  1. Ka mau tanya,Kalo ujian tahap.dasar II apa aja yg diujikan? Trima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ujian tahap dasar 2 sama aja kok kaya tahap dasar 1.. Tertulis, sortir, hitung uang, bank mini.. Sorry yaa late reply aku jarang buka blog hehehe

      Hapus
  2. seru yahh... :)
    hari ini aq dapet undangan psikotest,, rasanya agak takut coz sendirian kesanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamaaat yaa maaf latereply.. Aku juga sendiri kok waktu psikotest. Pede aja :)

      Hapus
  3. Kak,mau tanya rentang waktu dapat panggilan setelah tes kesehatan untuk tanda tangan pk itu brpa lama ya. Tenkiu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung cabang kalau aku pengunguman november karena kuota desember udah full aku bisa PK dan Training bulan januari

      Hapus
  4. Kak,mau tanya rentang waktu dapat panggilan setelah tes kesehatan untuk tanda tangan pk itu brpa lama ya. Tenkiu

    BalasHapus
  5. Mau tanya kak, klw yg dri luat prov biaya pesawat pulang pergi di tanggung gk?

    BalasHapus
  6. Mau tanya kak, klw yg dri luat prov biaya pesawat pulang pergi di tanggung gk?

    BalasHapus
  7. Ka mau tanya, kalo mau training di bca daftarnya gimana sih ?? Makasih.

    BalasHapus
  8. Ka mau tanya, kalau pake jilbab boleh ga ya?.
    Sama, plgnya jam berapa kalau CSO?
    Terus bisa di tempatin di domisili rumah ga?

    BalasHapus
  9. kak susah gak sih belajar hitung uang nya hehe.. soalnya aku deg2an bgt

    BalasHapus
  10. Itu pke tb ga ya ka? Btas umur brpa ka?
    Trus klo luar jabodetabek nglmarnya gmna ka? Makasih ☺️

    BalasHapus
  11. Mb mau tanya cp nya teller pooling brp ya? Sy dlu teller pooling trakhir thn 2011,skrg lg mau ngelamar kerja,tp bnyak bgt persyaratannya, diminta no telfon wktu krja di bca, klo teller pooling kan brhubungan dgn pusat langsung,lupa no telfonnya.. Plis sy wa ke 089601918808

    BalasHapus
  12. Itu tmen kaka yg ga lolos tahap dasar 1 dinyatakan gugur?

    BalasHapus
  13. Kalo kita magang dpt seragam bca juga kak?

    BalasHapus
  14. Kk kalau seandainya ujian tahap dasar 1 gk lulus gimana ya kira2? Apakah bisa ttp lanjut ke tahap dasar 2?

    BalasHapus
  15. Kak,kalo habis MCU nunggu panggilan TTD pk brp hari ya
    Soalnya aku mcu dari tanggal 16 November kemaren
    Terimakasih kak😄

    BalasHapus
  16. Klo misalnya tinggal di depok trus BLI di sentul itu PP atau nginep ??

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Magang Bakti BCA 2015

Assalamualaikum hehe Sudah lama banget ya ga ngeblog. Maklum lah saya orangnya emang suka sok sibuk. Pffft Post kali ini beda karena ga mengandung unsur kegalauan dan per-commuterline-an. Kali ini saya mau cerita tentang pengalaman saya ikut test magang bakti BCA. Yoo mulai aja yaa... Jadi ceritanya tahun ini saya punya resolusi kalo saya harus bisa dapet kerja dan biayain kuliah sendiri. Alhamdulillah orang tua saya masih mampu biayain kuliah saya, tapi berdasarkan dorongan dari beberapa pihak dan sharing sharing tentang kuliah sambil kerja akhirnya saya pun memutuskan buat kuliah sambil kerja. Awalnya saya cuma berpedoman sama jobstreet karna saya ga tau harus cari lowongan dimana lagi. Tapi berbulan-bulan ga juga ada panggilan. Lalu waktu saya dan teman-teman saya sedang mengobrol tercetuslah omongan dari teman saya tasya tentang magang bakti bca ini. Awalnya dia duluan nge-apply lamaran dan setelah dia bilang dia dapet panggilan psikotes langsung lah saya siang itu juga nge-appl

Tentang perjalanan

Huuaaaahh akhirnya bisa nge-blog lagi. Maklum lah sebagai mahasiswa modern yang aktif, kreatif, dan famous *ahiek* gue jadi jarang punya waktu buat nulis. Kali ini gue bakal nyeritain tentang suka duka gue naik commuterline alias KRL. Gue pertama kali naik kereta buat pulang-pergi kampus adalah waktu semester 2. Sekarang gue semester 4, ya klbltw aja sih. Dulu semester 1 gue naik bis buat ke kampus, tapi karena macet banget, perjalanan Bekasi-Salemba bisa menempuh waktu selama 2-2,5 jam. Bayangin Guys. Bayangin!!! Gue harus duduk ditengah bis yang padet,panas,sumpek dan banyak pengamen selama 2,5jam. Nyampe kampus udah lepek dan muka gue yang pas-pasan ini jadi lebih mirip tukang nasi goreng depan uki. Apalagi kalo siang, beeeuuh pengamennya serem serem banget apalagi gue kalo pulang naik bis sendirian. Forever alone emang. Oleh karena suasana yang teramat sangat gak menyenangkan itu, gue pun mengikuti ajakan temen-temen gue untuk naik kereta. Awalnya gue naik kereta cuma pas pulang k