Langsung ke konten utama

Tentang perjalanan

Huuaaaahh akhirnya bisa nge-blog lagi. Maklum lah sebagai mahasiswa modern yang aktif, kreatif, dan famous *ahiek* gue jadi jarang punya waktu buat nulis. Kali ini gue bakal nyeritain tentang suka duka gue naik commuterline alias KRL.

Gue pertama kali naik kereta buat pulang-pergi kampus adalah waktu semester 2. Sekarang gue semester 4, ya klbltw aja sih. Dulu semester 1 gue naik bis buat ke kampus, tapi karena macet banget, perjalanan Bekasi-Salemba bisa menempuh waktu selama 2-2,5 jam. Bayangin Guys. Bayangin!!! Gue harus duduk ditengah bis yang padet,panas,sumpek dan banyak pengamen selama 2,5jam. Nyampe kampus udah lepek dan muka gue yang pas-pasan ini jadi lebih mirip tukang nasi goreng depan uki. Apalagi kalo siang, beeeuuh pengamennya serem serem banget apalagi gue kalo pulang naik bis sendirian. Forever alone emang. Oleh karena suasana yang teramat sangat gak menyenangkan itu, gue pun mengikuti ajakan temen-temen gue untuk naik kereta. Awalnya gue naik kereta cuma pas pulang kuliah doang itu akhir akhir semester 1. Kesan pertama gue naik kereta adalah 'ih gila enak ya adem, cepet lagi.' ya se-norak itulah gue waktu pertama kali naik kereta. Masuk ke semester 2 gue mulai naik kereta pulang-pergi. Gue pun beli kartu multitrip yang bisa ditop-up biar ga usah ngantri ngantri lagi.

Awal-awal gue naik kereta, gue ga tau persis jadwalnya itu kaya gimana dan gue main asal naik aja tanpa perhitungan. Alhasil kadang punggung gue suka sakit karna belum tau harus ngatur posisi gimana. Malahan dulu gue pernah ngomelin mba-mba (sampe sekarang juga sering sih) karna maksain masuk di kereta yang udah penuh banget. Tapi sekarang sebagai roker sejati gue udah mulai terbiasa sama keadaan kaya gitu. Mungkin dulu gue masih dalam keadaan 'Culture Shock'. Ya buat yang gak tau Culture Shock itu adalah kesulitan seseorang untuk beradaptasi dengan budaya yang baru. Budaya itu ga melulu soal tari-tarian atau sebagainya tapi budaya adalah kebiasaan. Iya gue merasa gue mengalami Culture Shock waktu itu. Salah satu temen gue belum lama ini ngetwit, kira kira kaya gini 'gabisa ya kalo mau masuk kereta gausah dorong-dorongan ? Ga punya manner ?' dan bla bla bla, gak lupa juga dia ngasih hastag #indonesians . gue disini mikir, temen gue itu mungkin lagi mengalami Culture Shock naik kereta. Kalo keadaannya kaya gini gue ga bisa nyalahin si temen gue ini atau nyalahin orang orang yang dorong dorongan saat mau masuk ke kereta. Karena disadari atau enggak twit temen gue itu ada bener dan ada ga benernya juga. Gue bilang dia bener karena emang dorong-dorongan itu bahaya banget, gimana kalo nanti ada yang jatuh atau kenapa-napa. Tapi disisi lain gue merasa pernyataan temen gue ini ga bener, karena ya itu tadi 'BU-DA-YA'. Siapa sih yang mau berdiri di kereta yang super duper padet ? Semua pasti mau dulu duluan berharap bisa dapet duduk. Dan mungkin yang belum temen gue tau, bukan cuma Indonesia kok yang naik kereta dorong-dorongan. Jepang juga, apalagi kereta di Indo sering mengalami keterlambatan. Jadi ya wajar menurut gue kalo tingkah laku para roker ya kaya gitu. Gue juga pernah kok punya pikiran kaya temen gue itu, dulu waktu jaman-jamannya gue masih mengalami Culture Shock naik kereta.

Cerita lain yang mau gue ceritain adalah tentang 'orang-orang yang duduk di kursi prioritas'. Sebagian besar orang tau kalo kursi prioritas itu diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu dengan balita, orang lanjut usia, dan penyandang disabilitas. Tapi pada kenyataannya tiap gue naik kereta pasti ada aja orang "normal" yang duduk di kursi itu. Pernah waktu itu gue naik kereta sendiri sekitar jam 1 siang. Gue naik di gerbong campur dan masuk lewat pintu yang ada di dekat kursi prioritas. ketika masuk kedalem kereta gue ngeliat keadaan sekitar buat nyari tempat duduk, tapi ternyata ga ada. Akhirnya gue memutuskan buat berdiri nyender di deket pintu. Saat gue mau nyetel lagu dari handphone gue ngeliat ada 3 orang cowok mungkin umurnya sekitar 25an dengan dandanan yang jamet abis dan seorang bapak bapak berumur mungkin 37th,Mereka nempatin kursi prioritas. Si bapak pun bilang ke gue 'duduk aja mbak disitu' sambil nunjuk kursi prioritas didepannya yang masih kosong. Gue yang waktu itu udah paham tentang "tata krama" di kereta pun bilang ke bapak itu 'gak usah pak makasih, saya gak hamil'. Mungkin bapak itu tersindir denger omongan gue, dia pun langsung bangun dan pindah gerbong. Tapi jamet jamet itu masih duduk disitu sambil cengengesan ngeliatin gue. 'BAAABIIIII' gue teriak kaya gitu kepada si jamet, Tapi dalem hati. Dan satu lagi yang paling bikin gue gregetan, kalo ngeliat orang pacaran duduk di kursi prioritas apalagi sambil peluk pelukan. Ieeewwwhh disgusting!! Gue pun pernah berantem sama "pasangan" yang ngelakuin hal itu di kereta. Jadi waktu itu ada pasangan yang lagi peluk-pelukan di kursi prioritas, terus di st. Lenteng agung ada nenek nenek udah tua banget berdiri dekat gue dan pasangan itu. Gue pun negur mereka 'mbak mas maaf ini ada ibu ibu kasihan tolong dikasih duduk' gue masih sopan. Tapi cewenya langsung nyolot dengan bilang 'gue bayar kok disini'. Gue pun langsung bilang 'eh dongo, lo gabisa baca apa itu ada tulisan kursi prioritas'. Cowonya cuma diem dan yang paling bikin gue jijik mereka masih peluk pelukan tanpa bangun dari tempat duduk. Nenek itu cuma bilang 'udah mbak gak apa apa'. Lama lama Gue emosi ngeliatnya, gue langsung ngeluarin kata-kata kasar, bawaannya kebun binatang pengan gue keluarin semua 'eh an**ng lo bego banget sih ini tuh kursi prioritas lo baca dong tolol'. Pasangan itu cuma diem, akhirnya ibu ibu dengan balita disebelahnya bangun dan ngasih tempat buat nenek itu, mungkin ibu itu ga mau anaknya terkontaminasi kata-kata gue. Setelah ibu itu bangun si cowok itu pun bangun dan ngajak cewenya pindah gerbong.
Gue pun turun di manggarai dan melanjutkan perjalanan ke Bekasi.

To be continued........

Komentar

  1. Terima kasih bermanfaat sekali ,saya rabu ini tes ,semoga lolos seperti kalian ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Training Magang Bakti BCA

Haaaaiii.. Sekian lama tak jumpa yaaa.. Hahahha. Setelah beberapa bulan kayanya ada beberapa orang yang baca blog aku dan nanyain tentang magang bakti. Nah disini aku mau sharing lagi nih kelanjutan cerita aku tentang magang bakti BCA. Jadiiiii...... Setelah menunggu sekian lama akhirnya aku dapet telpon lagi dari BCA, dan akhirnya aku dapet jadwal buat ikut ttd perjanjian kerja (pk) pada tanggal 27 agustus 2015. Seneng ? Bangeeeett lah akhirnya setelah penantian hampir 2bulan dapet jadwal juga :") Akhirnya pada tanggal 27 agustus aku dateng ke wisma asia I buat ttd pk. Disana aku banyak ketemu temen temen baru yang nantinya bakal jadi temen seangkatan aku. Setelah ada beberapa pemberitahuan kita akhirnya sah jadi Teller Bakti angkatan 355, dan CSO bakti angkatan 284. Kita dikasih juga kertas kecil yang isinya jadwal foto id, training tahap dasar I, jadwal OJT, dan jadwal training tahap dasar II. Foto id itu tgl 28agustus, dan tgl 29 kita langsung masuk training tahap dasar I

Magang Bakti BCA 2015

Assalamualaikum hehe Sudah lama banget ya ga ngeblog. Maklum lah saya orangnya emang suka sok sibuk. Pffft Post kali ini beda karena ga mengandung unsur kegalauan dan per-commuterline-an. Kali ini saya mau cerita tentang pengalaman saya ikut test magang bakti BCA. Yoo mulai aja yaa... Jadi ceritanya tahun ini saya punya resolusi kalo saya harus bisa dapet kerja dan biayain kuliah sendiri. Alhamdulillah orang tua saya masih mampu biayain kuliah saya, tapi berdasarkan dorongan dari beberapa pihak dan sharing sharing tentang kuliah sambil kerja akhirnya saya pun memutuskan buat kuliah sambil kerja. Awalnya saya cuma berpedoman sama jobstreet karna saya ga tau harus cari lowongan dimana lagi. Tapi berbulan-bulan ga juga ada panggilan. Lalu waktu saya dan teman-teman saya sedang mengobrol tercetuslah omongan dari teman saya tasya tentang magang bakti bca ini. Awalnya dia duluan nge-apply lamaran dan setelah dia bilang dia dapet panggilan psikotes langsung lah saya siang itu juga nge-appl